Saturday, March 13, 2010

Zangrandi Ice Cream


Masuk ke kedai Zangrandi Ice Cream yang terletak di pusat kota Surabaya, tepatnya di Jalan Yos Sudarso, perasaan seakan dibawa kembali ke tempo dulu. Betapa tidak. Selain bangunannya yang memang masih seperti dulu, tanpa ada pemugaran besar-besaran, perabotan dan kursinya pun jadul banget. Kursi teras yang berwarna merah dan kuning serta terbuat dari rotan itu, membuat orang yang duduk di atasnya seolah terbenam ke dalamnya. Untuk beranjak dari dalamnya setidaknya seseorang akan berjuang melepaskan diri dahulu.

Kedai es krim Zangrandi itu dibangun oleh seorang berkebangsaan Italia bernama Renato Zangrandi pada tahun 1930. Awalnya kedai itu bernama Renato Zangrandi’s Ijspalais, yang dulunya terletak di Dijkermantstraat (sekarang Jalan Yos Sudarso). Semenjak jaman penjajahan Belanda, tempat ini sudah dikenal dan menjadi lokasi favorit sebagai tempat nongkrong pada masa itu.

Walaupun arsitektur bangunannya masih asli seperti sejak mula pertama dibuka, tapi kepemilikannya sekarang ini sudah berpindah tangan, dan bukan lagi dikelola oleh keturunan Zangrandi. Namun menurut pemiliknya yang baru, resep-resep yang ada di masa lalu itu masih dipertahankan hingga kini. Memang ada beberapa inovasi baru yang ditambahkan, namun itu semua tidak mengubah cita rasa aslinya.

Beberapa menu ice cream yang tersedia antara lain Chocolate Twinkle, Noodle Ice Cream, Soda Ice Cream, Avocado Fudge, Tropicana Fruit, Crispy Basket, Zangrandi Pie, Horn, Macedonia, Royale Peach, dan Banana Split. Ada pula es krim dalam bentuk slices yaitu Tutti Frutti, Satay Ice Cream, Surabaya Moon, dan Pudding Ice Cream.   

Zangrandi juga menawarkan jenis Ice Taart, antara lain Rainbow, Black Forest, Cassata, dan Mocca Perfecto. Jenis es krim tart ini dapat dipesan dalam ukuran 16 cm, 21 cm, atau 24 cm. Tapi bila Anda ingin mencicipi es krim tart ini, disediakan ukuran slice.

Jenis es krim yang banyak diminati sejak dulu adalah Tutti Frutti, es krim berbentuk segitiga yang diatasnya ada taburan zukade atau potongan-potongan kecil dari kulit jeruk. Selain itu ada juga Es Krim Soda, yaitu scope es krim aneka rasa yang dicampurkan dengan air soda yang menyegarkan.

Sebagai pendamping alias kudapan, ditawarkan pula risoles, lumpia, kroket dan pastel tutup. Tapi makanan-makanan itu, menurut saya tidak seistimewa rasa es krimnya. Paling tidak, ada makanan lain sebagai teman camilan saja.

Kalau tidak suka dengan makanan-makanan kecil itu, sebagai alternatifnya bisa diganti dengan kacang godok atau kacang oven. Persis di halaman samping kedai es krim tersebut, ada penjual kacang yang memakai gerobak untuk mengakomodasi barang dagangannya. Konon, penjual kacang itu sudah lama pula berjualan disitu. Wah, jadi ingin nongkrong disana lagi nih....

No comments: