Saturday, March 13, 2010

Sejarah Es Krim


Penduduk bumi sudah lama mengenal adanya es untuk menyajikan makanan yang dingin, dan sudah berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu. BBC melaporkan bahwa campuran beku antara susu dan nasi sudah dikenal oleh bangsa Cina kira-kira 200 tahun SM, yaitu sekitar 618 hingga 97 M. Raja Tang of Shang, mempunyai 94 orang yang membuat sajian beku itu dengan menggunakan susu sapi, tepung dan camphor.

Pada jaman kekaisaran Nero (37-68), es beku yang dibawa dari pegunungan telah dikombinasikan dengan topping buah-buahan. Dan itu dirasakan sebagai sebuah sajian yang lezat.

Sementara, penduduk Persia kuno, mempunyai teknik penyimpanan es di dalam sebuah tempat besar alami (bisa jadi berfungsi sebagai kulkas), yang disebut dengan yakhchals. Struktur pendingin itu mengawetkan es yang diambil saat musim dingin, atau es yang diambil dari puncak gunung, sehingga ketika musim panas tidak meleleh.

Tahun 400, orang Persia menciptakan sebuah puding dingin spesial, yang terbuat dari air bunga mawar dan vermicelli, yang dihidangkan untuk keluarga kerajaan ketika musim panas tiba. Di Iran sekarang ini, makanan itu disebut sebagai faloodeh, biasanya terbuat dari tepung gandum dan beberapa komponen lain yang dicampurkan. Campuran itu pun kemudian didinginkan, dan ditambah air mawar serta jeruk lemon sebelum disajikan.

Es krim merupakan makanan penutup favorit di kekalifahan Bagdad. Bangsa Arab adalah yang pertama kalinya menggunakan susu sebagai bahan utama untuk pembuatan es krim. Rasanya juga lebih manis karena ditambahkan gula daripada jus buah-buahan.

Pada awal abad ke 10, es krim sudah dikenal di negeri Arab seperti Bagdad, Damaskus dan Kairo. Versi es krim yang terbuat dari susu atau yoghurt itu hampir sama dengan resep Yunani kuno, yang juga menambahkan air mawar seperti halnya buah-buahan kering dan kacang. Dipercayai, bahwa resep es krim yang dibuat sekarang itu diserap dari bangsa Arab kuno, Mesopotamia, Yunani dan Roma, yang kemudian ditampilkan untuk pertama kalinya oleh orang Persia dalam bentuk faloodeh.

Tahun 62, kekaisaran Roma mengirimkan armada untuk mengumpulkan salju di pegunungan Apennine. Es itu kemudian diformulasikan dengan madu dan kacang.

Maguelonne Toussaint Samat dalam bukunya History of Food menuliskan, bahwa bangsa Cinalah yang pertama kali membuat sorbet dan es krim. Mereka menuangkan salju dan garam di bagian luar bahan yang didinginkan. Di era Kaisar Yingzong, dari Dinasti Song (960-1279) di Cina ada sebuah puisi tentang es krim yang ditulis oleh Yang Wanli. Begitu pula ketika Dinasti Yuan sedang berkuasa, sang Kaisar Kublai Khan sangat menikmati hidangan es krim, yang resepnya masih sangat dirahasiakan. Hingga kemudian Marco Polo datang ke Cina dan membawa teknik pembuatan es krim tersebut ke Italia.

Sementara itu, pada abad ke 16, Kaisar Mughal juga memperkenalkan es krim dari kaum Hindu Kush ke Delhi. Es krim itu menggunakan buah-buahan.

Ketika seorang bangsawan dari Italia, Catherine de’Medici, menikah dengan salah satu bangsawan d’Orlean, di Perancis, ia membawa seorang juru masak yang khusus meramu sajian es krim. Seratus tahun kemudian, Charles I dari Inggris menawarkan secara komesial es krim buatannya, dan menjadikan hal itu sebagai pensiunnya seumur hidup. Resep es krim itulah yang membuatnya mendapatkan penghargaan prerogatif. Memang tidak ada sejarah pasti tentang awal mula terciptanya es krim. Justru yang ada hanya legenda-legenda.

No comments: