Wednesday, December 9, 2009

Harimau Sumatra


 Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan subspesies harimau yang berukuran paling kecil yang masih hidup hingga saat ini. Harimau jantan mempunyai panjang kira-kira 204 cm (6 feet 8 inchi) jika diukur mulai dari kepala hingga ujung ekor, dengan berat badan sekitar 136 kg (300 lb). Sedangkan untuk yang betina mempunyai panjang 198 cm (6 feet 6 inchi) dengan berat kira-kiraa 90 kg (200 lb).

Loreng yang dipunyainya berukuran lebih lebar daripada subspecies harimau yang lain. Mukanya juga lebih penuh dengan kumis dan cambang, terutama untuk harimau jantan. Ukurannya yang lebih kecil memungkinkan gerakannya lebih lincah menyusur hutan tropis. Diantara jari-jari kakinya ada selaput, sehingga harimau ini juga disebut sebagai perenang ulung. Dengan kepiawaiannya itu, mangsa yang hidup di air pun bisa ditangkapnya.

Mangsa harimau umumnya binatang besar seperti babi hutan, tapir dan rusa. Tapi hewan kecil seperti monyet, unggas dan ikan pun kadang disantapnya. Sementara itu orangutan jika seringkali menghabiskan waktu di atas tanah, tak menutup kemungkinan akan pula ditangkapnya.

Harimau sumatera hanya ditemukan di Sumatera. Jumlah populasinya sekarang ini kira-kira tinggal 400 ekor, dan hidup dalam kawasan perlindungan di sebuah taman nasional. Populasi terbesarnya berada di Taman Nasional Gunung Leuser, dengan jumlah kira-kira 110 ekor. Sementara kira-kira ada 100 ekor lagi hidup tanpa perlindungan sama sekali. Harimau sumatera termasuk salah satu jenis satwa asli Indonesia yang dilindungi karena keberadaannya sudah hampir punah.

No comments: